Beranda | Artikel
Makna Doa Sapu Jagat
Kamis, 27 Juli 2023

Bersama Pemateri :
Ustadz Mubarak Bamualim

Makna Doa Sapu Jagat adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Riyadhus Shalihin Min Kalam Sayyid Al-Mursalin. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Mubarak Bamualim, Lc., M.H.I. pada Selasa, 7 Muharram 1445 H / 25 Juli 2023 M.

Makna Doa Sapu Jagat

Kita telah membahas pada pertemuan-pertemuan yang lalu tentang beberapa doa. Di antaranya adalah hadits:

وعن أنس – رضي الله عنه – قَالَ: كَانَ أكثرُ دعاءِ النبيّ – صلى الله عليه وسلم: «اللَّهُمَّ آتِنَا في الدُّنْيَا حَسَنَةً، وَفِي الآخِرَةِ حَسَنَةً، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ». متفقٌ عَلَيْهِ.

Dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘Anhu, yang mana beliau berkata: “Doa yang paling banyak dibaca dan dipanjatkan oleh Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam kepada Allah ‘Azza wa Jalla adalah ‘Ya Allah anugerahkanlah kepada kami di dunia ini kebaikan, dan anugerahkanlah kepada kami di akhirat kebaikan, dan peliharalah kami dari adzab api neraka.`” (Muttafaqun ‘alaih)

Dan telah dijelaskan bahwa doa ini ada dari Al-Qur’anul Karim. Kalau redaksi dari Al-Qur’anul Karim:

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Kita boleh menggunakan kedua redaksi tersebut. Sesekali dengan lafadz dari hadits, dan sesekali juga dengan lafadz dari Al-Qur’anul Karim.

Kata Imam Ibnu Katsir Rahimahullahu Ta’ala, ketika seseorang memohon “Ya Allah anugerahkanlah kepada kami kebaikan di dunia ini,” kebaikan yang dimaksud adalah mencakup semua yang menjadi tuntutan dan bersifat duniawi oleh seorang hamba, seperti kesehatan, keselamatan, rumah yang baik, istri yang shalihah, anak yang berbakti kepada orang tua, dan rezeki yang luas dan halal, ilmu yang bermanfaat, amal yang shalih, kendaraan yang baik, dan yang lainnya.

Adapun kebaikan di akhirat tentu dengan memohon kepada Allah agar dimasukkan ke dalam surga dan hal-hal yang berkaitan dengan kenikmatan-kenikmatan yang akan diberikan oleh Allah bagi Ahli Surga, seperti keamanan di Padang Mahsyar, perhitungan yang ringan, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan akhirat.

Adapun ketika seorang hamba memohon kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala agar dilindungi dari adzab api neraka yaitu dengan Allah memberikan kemudahan kepadanya untuk melakukan sebab-sebab perbuatan baik di dunia dan agar terhindar dari perbuatan haram dan syubhat yang bisa menjerumuskan seorang hamba ke dalam api neraka.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 kajian kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/53078-makna-doa-sapu-jagat/